Blog bisnis atau hobby menulis

Blog bisnis atau hobby menulis

Blog bisnis atau hobby menulis. Pertanyaan yang luar biasa beberapa kali terlontar dan mendengar langsung dari sipenanya. Saya merasa perlu menjawab setelah saya menerima pertanyaan tersebut. Seorang teman telah memberikan pertanyaan, saya mencoba menjawab sekenanya yang saya anggap masih dalam konteks. Pertanyaan mereka adalah “ Blogging itu bisnis atau Hobby”, saya buka wawasan saya tentang blogging dan memeperhatikan gambaran buruk dan baik sebagai pelaku blogging. Setelah berdiskusi lama maka, akhirnya saya temukan beberapa inti persoalan yang akan saya kembangkan sebagai bentuk aktifitas blogging saya. Sebenarnya saya sejak lama membuat blog yang ga keurus, namanya saja blog pribadi, jarang update dan artikelnya hanya itu itu saja, tapi mengapa pengunjung suka dengan tulisan saya yang saya anggap ga penting.

Blog bisnis atau hobby menulisBlog adalah tempat dimana aktifitas seseorang untuk menulis, biasanya tentang apapun agar bisa dibaca pengunjung, sedangkan blogging adalah kegiatannya dan blogger pengelolahnya atau penulisnya. Dari uraian tersebut masih terdengar biasa biasa saja, bersifat umum dan tidak ada yang penting karena semua orang tahu tentang itu. Sekarang saya membahas lebih dalam tentang bagaimana kegiatan blogging menjadi lahan bisnis dan menghasilkan uang bagi pengelolahnya.

1.Blogging sebagai Hobby : Blogging adalah sesuatu kegiatan menulis di blog pribadi, tentang materi yang ditulis juga bervariasi, apa saja tergantung idea penulis. Tidak ada iklan dan tidak menanyangkan iklan dalam bentuk apapun sehingga terlihat natural sebagai blog. Mereka mendapat uang dari hasil menulis di blog orang lain. Hobby biasanya tidak melihat sisi materi, bahkan mengeluarkan uang demi mendapatkan sesuatu yang dianggap sesuai dengan hobby itu sendiri. Hobby menulis akan selalu menulis setiap saat karena melampiaskan dan mengungkapkan sebuah pandangan tentang sesuatu yang dilihat ke dalam tulisan. Mereka membuat blog tanpa perintah siapapun, dan mereka menulis tanpa aturan baku tentang persaingan, hanya menulis dan menulis. Bagaimana dengan anda yang suatu saat kehilangan ide dan tidak produktif menulis jika orientasinya uang. Cara menulis artikel blog bisnis.

2.Blogging bisnis : Banyak orang membuat blog dengan tujuan bisnis. Design yang digunakan memang sebagai iklan. Faktanya bahwa dari 95% orang yang memulai membuat sebuah blog menghasilkan uang secara online terbentur konten update setiap hari. Ini pemikiran yang pendek dan tidak memikirkan jangka panjang. Kegagalan terletak pada Idea yang harus dikerjakan setiap hari, terlebih lagi konten yang dibuat akan menurun kualitasnya dibanding pada awal pembuatan blog. Blog bisnis kebanyakan terlalu banyak iklan muncul dihalaman muka, bahkan disetiap halaman selalu muncul, hal ini memperburuk citra blog dan lama kelamaan akan ditinggalkan pengunjung. Seseorang memutuskan akan berhenti ketika tidak menghasilkan apapun dari kegiatan iklan tersebut. Pada awalnya mereka membuat blog dengan motivasi sebagai berikut :

  • Ide
  • Nama domain
  • Memulai ngeblog
  • iklan sana sini di blog
  • Menulis beberapa artikel

Menulis adalah kegiatan membosankan yang wajib kita kerjakan setiap hari, setiap saat mencari judul dan terus menerus membuat artikel. Kita lihat 3 bulan apakah target mereka tercapai, selanjutnya 6 bulan dan 1 tahun. Saat banner terpasang, harapan mereka begitu banyak terhadap pelanggan yang datang mengunjungi blog. Namun siapa sangka ide tidak selalu datang setiap hari untuk mempertahankan kinerja blog. Menyerah?, jawabnya adalah ada pada mereka. Coba bandingkan blog private yang menulis karena hobby. Jika anda berfikir blogging adalah bisnis, saya akan mengatakan, anda terlalu gegabah memutuskan itu semua.

Blog bisnis atau hobby menulis